4 Jenis Mobil Listrik yang Ada di Indonesia

Kehadiran mobil listrik yang ada di indonesia merupakan salah satu bukti pesatnya teknologi berkembang, ada 4 jenis, apa saja? Simak.

Mobil listrik yang ada di Indonesia itu ada 4 jenis yang harus kalian ketahui, dalam artikel kali ini kita akan membahas jenis dan bagaimana mobil tersebut memiliki prinsip kerja, ini sebagai persiapan kita jika bahan bakar bensin sangat terkuras dan hampir habis maka kita diharuskan mempunyai mobil listrik.

Sebelum membeli mobil listrik yang ada di Indonesia, tentu saja kita harus mempunyai pengetahuan tentang mobil listrik dengan baik agar kita tidak akan dipermainkan oleh orang yang mengetahui ilmunya, oleh karena itu mari belajar bersama tentang jenis mobil listrik ini.

Apakah mobil listrik yang ada di Indonesia itu yang terbaik? Tentu saja mobil yang dikirim dari luar dan diterima dari Indonesia merupakan kualitas yang bagus. Karena kita bangsa Indonesia sedang mencoba transisi dari penggunaan bbm ke penggunaan listrik.

Bagaimana jika mobil listrik yang ada di Indonesia habis baterai? Untuk sekarang kita pasti sedikit khawatir ketika menggunakan mobil listrik di Indonesia karena belum banyak tempat yang menyediakan pengisian baterai untuk mobil listrik dan masih sangat terbatas sehingga orang Indonesia banyak yang belum tertarik.

Apakah baterai mobil listrik yang ada di Indonesia itu boros? Baterai yang telah dibuat untuk mobil listrik tentu memiliki efektifitas yang berbeda setiap jenis dan setiap barangnya, tetapi mobil listrik bisa dijamin bahwa baterainya awet dan tahan lama jika dirawat dengan baik dan benar. Mari kita bahas jenis dan prinsip kerjanya.

Inilah 4 Jenis Mobil Listrik yang Ada di Indonesia

1. Hybrid Electric Vehicle (HEV)

Tipe nomor pertama adalah tipe hybrid, maksudnya disini adalah mobil listrik ini bisa menggunakan bensin bbm atau menggunakan listrik bahkan bisa menggunakan keduanya secara bersamaan. Mobil ini sangat cocok dipakai di Indonesia yang belum percaya mobil listrik dan sedikitnya tempat untuk mengisi mobil dengan listrik.

2. Battery Electric Vehicle (BEV)

Jika di nomor pertama adalah mobil yang bisa menggunakan bensin dengan listrik secara bersamaan, maka mobil listrik jenis BEV adalah mobil yang hanya bisa diisi oleh listrik dan tidak menggunakan bbm sehingga tidak akan mengeluarkan emisi gas buang seperti mobil biasanya. Mobil listrik ini memakai baterai Lithium-ion. Dan mobil ini kurang cocok di Indonesia untuk saat ini karena kekurangan pengisi daya mobil listrik.

3. Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV)

Di nomor ketiga ini, mobil listrik yang tidak berbeda jauh dengan mobil listrik dengan jenis HEV. Tetapi memiliki fitur baterainya bisa diisi ulang dengan stop kontak sehingga akan menghemat pengeluaran ketika menggunakannya dalam jarak yang dekat.

4. Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV)

Jika ketiga jenis mobil listrik di atas memiliki kesamaan dan perbedaan yang tidak signifikan, maka mobil listrik FCEV ini adalah mobil yang sangat berbeda dengan yang lain karena tidak menggunakan bbm atau baterai. Mobil ini bisa bergerak karena reaksi kimia oksigen dan hidrogen. Manfaatnya bisa dipakai dalam perjalanan yang cukup jauh.

Kesimpulan

Itulah 4 jenis mobil listrik yang ada di Indonesia, seperti yang dijelaskan di atas tidak semua jenis bisa nyaman digunakan untuk saat ini di Indonesia karena kurangnya tempat pengisian daya, tetapi kita bisa menggunakan mobil versi hybrid sebagai solusinya meskipun masyarakat Indonesia belum sepenuhnya tertarik untuk berpindah dari bbm ke listrik.