Dinosaur Game, Sederhana Namun Sulit Ditaklukkan

Mencoba dinosaur game mungkin adalah mini game terpopuler – dan menyenangkan – saat koneksi internet pada Google Chrome Anda terputus.

Dinosaur game adalah sebuah permainan 2D yang legendaris dan terkenal. Cara memainkan game ini cukup mudah, yaitu mengarahkan karakter dinosaurus T-Rex untuk menjelajahi sebuah gurun. Akan muncul beberapa halang rintang yang harus dihindari oleh dino. Semakin jauh dino berlari, maka semakin besar angka yang dikumpulkan.

Kenalan dengan Game Dinosaurus, Teman di Kala Offline

Dilansir dari situs mutherofallthings.com. Jika Anda adalah pengguna peramban Google Chrome, pasti Anda pernah menjumpai game yang satu ini. Memang, game dinosaurus ini menjadi sebuah game kecil tatkala Chrome kehilangan koneksi internet.

Game ini diciptakan oleh tim UX Chrome pada tahun 2014. Mereka adalah Sebastien Gabriel, Edward Jung, dan Alan Bettes. Mulainya, game ini merupakan sebuah proyek yang diberi nama ‘Project Bolan’, terinspirasi dari nama vokalis grup T-Rex.

Dinosaur game ini ditujukan untuk mengisi waktu selama internet terputus. Tentu saja saat momen itu terjadi, pengguna Chrome serasa kembali lagi ke jaman prasejarah di mana Anda tidak bisa mencari segala hal lewat internet. Itu sebabnya, game ini mengambil latar zaman purba dengan dinosaurus sebagai tokoh utamanya.

Game ini memang sederhana. Akan tetapi, game ini juga memenangkan hati banyak pengguna Chrome, bahkan sengaja memainkannya untuk meraih skor tertinggi. Setiap harinya, ada jutaan orang yang memainkan game ini di seluruh dunia. Pada September 2018, bahkan data menunjukkan ada 270 juta orang yang memainkannya dalam 1 bulan.

Pasalnya, Anda tidak perlu memiliki keahlian khusus untuk memainkan game ini. Cukup mengandalkan intuisi dan ketepatan waktu saat menekan tombol spasi agar dino bisa melompati rintangan.

Oke, kita perlu berhenti menyebut karakter utama pada Dinosaur game ini sebagai si Dino. Sebab, ternyata ia punya nama. Ia bernama Lonely T-Rex, alias T-Rex yang kesepian. Usut punya usut, nama ini adalah pemberian dari salah satu anggota UX Chrome, yaitu Gabriel.

Tips untuk memainkan game ini pun tidak begitu rumit. Hanya ada 2 tombol yang digunakan, yaitu tombol spasi dan panah. Tombol spasi memiliki fungsi yang sama dengan tombol panah atas, yaitu untuk membuat Lonely T-Rex melompat. Tekan tombol sedikit lebih lama untuk membuatnya melompat lebih lama.

Sedangkan tombol kedua adalah panah ke bawah, yang membuat Lonely T-Rex bisa menghindari halangan dari arah atas, yaitu spesies dinosaurus terbang. Permainan akan berakhir ketika Anda menabrak hambatan yang ada.

Tidak ada tahapan khusus pada game ini. Yang ada adalah halang rintang yang datang semakin cepat dan jarak antar rintangan yang juga semakin berdekatan. Itu sebabnya, meski tergolong simpel, namun cukup sulit untuk memenangkan game ini. Hanya sedikit sekali orang yang berhasil memenangkan Dinosaur game ini.

Dinosaur game juga memiliki nama lain, karena memang game ini tidak memiliki nama resmi. Beberapa orang menyebutnya sebagai Dino game, T-Rex Run, Dino Run, No Internet Game, dan beberapa nama lainnya yang berhubungan dengan dinosaurus.

Game unik yang satu ini bahkan juga pernah muncul pada segmen pembuka musim 34 dari serial kartun The Simpsons yang berjudul ‘Habeas Tortoise’.

Karena popularitasnya, beberapa pesaing Google pun sempat membuat game yang mirip. Microsoft Edge, misalnya, yang membuat game serupa dengan konsep seorang peselancar yang mengarungi ombak. Ada juga versi modifikasi dari game dino, di mana Lonely T-Rex memegang sebuah pedang untuk menghalau rintangan. Hati-hati, pedang itu bahkan bisa menyerang si T-Rex itu sendiri.

Kesimpulan

Dinosaur game adalah sebuah game kecil sebagai sebuah fitur dari Google Chrome. Awalnya, game ini bertujuan untuk mengisi kebosanan saat internet terputus. Kesederhanaan dan tantangan yang seru menjadi dua modal utama sehingga game ini bisa menjadi kegemaran jutaan orang di seluruh dunia, bahkan melahirkan game-game kompetitor lainnya.